HPK

mesothelioma survival rates,structured settlement annuity companies,mesothelioma attorneys california,structured settlements annuities,structured settlement buyer,mesothelioma suit,mesothelioma claim,small business administration sba,structured settlement purchasers,wisconsin mesothelioma attorney,houston tx auto insurance,mesotheliama,mesothelioma lawyer virginia,seattle mesothelioma lawyer,selling my structured settlement,mesothelioma attorney illinois,selling annuity,mesothelioma trial attorney,injury lawyer houston tx,baltimore mesothelioma attorneys,mesothelioma care,mesothelioma lawyer texas,structered settlement,houston motorcycle accident lawyer,p0135 honda civic 2004,structured settlement investments,mesothelioma lawyer dallas,caraccidentlawyer,structured settlemen,houston mesothelioma attorney,structured settlement sell,new york mesothelioma law firm,cash out structured settlement,mesothelioma lawyer chicago,lawsuit mesothelioma,truck accident attorney los angeles,asbestos exposure lawyers,mesothelioma cases,emergency response plan ppt,support.peachtree.com,structured settlement quote,semi truck accident lawyers,auto accident attorney Torrance,mesothelioma lawyer asbestos cancer lawsuit,mesothelioma lawyers san diego,asbestos mesothelioma lawsuit,buying structured settlements,mesothelioma attorney assistance,tennessee mesothelioma lawyer,earthlink business internet,meso lawyer,tucson car accident attorney,accident attorney orange county,mesothelioma litigation,mesothelioma settlements amounts,mesothelioma law firms,new mexico mesothelioma lawyer,accident attorneys orange county,mesothelioma lawsuit,personal injury accident lawyer,purchase structured settlements,firm law mesothelioma,car accident lawyers los angeles,mesothelioma attorneys,structured settlement company,auto accident lawyer san francisco,mesotheolima,los angeles motorcycle accident lawyer,mesothelioma attorney florida,broward county dui lawyer,state of california car insurance,selling a structured settlement,best accident attorneys,accident attorney san bernardino,mesothelioma ct,hughes net business,california motorcycle accident lawyer,mesothelioma help,washington mesothelioma attorney,best mesothelioma lawyers,diagnosed with mesothelioma,motorcycle accident attorney chicago,structured settlement need cash now,mesothelioma settlement amounts,motorcycle accident attorney sacramento,alcohol rehab center in florida,fast cash for house,car accident lawyer michigan,maritime lawyer houston,mesothelioma personal injury lawyers,personal injury attorney ocala fl,business voice mail service,california mesothelioma attorney,offshore accident lawyer,buy structured settlements,philadelphia mesothelioma lawyer,selling structured settlement,workplace accident attorney,illinois mesothelioma lawyer

Menu Navigasi

Pelajaran di Balik Permintaan Maaf Youtuber yang Tawarkan Rp 10 Juta untuk Batalkan Puasa

Seorang Youtuber yang menggunakan nama hasanjr11 belakangan sempat membuat heboh dengan salah satu kontennya, yakni menawarkan iming-iming uang Rp 10 juta kepada orang yang ditemuinya untuk membatalkan puasa. Karena banyaknya komentar negatif dari warganet, video yang diunggah di saluran Youtube miliknya itu akhirnya dihapus.
Karena menjadi sorotan luas, pemilik akun hasanjr11 itu pun meminta maaf. Hal ini disampaikannya melalui akun Instagram @hasanjr11 pada Selasa, (28/4/2020) dalam bentuk video berdurasi 29 detik. Lantas, pelajaran apa yang bisa kita ambil dari kejadian semacam ini?

Pentingnya menjaga moral dan etika selama bulan suci Ramadan

Pada kasus unggahan video yang menawarkan Rp 10 juta agar mau membatalkan puasa, mungkin niat awal dari pemilik video hanyalah membuat konten ringan yang menguji seseorang apakah kuat terhadap godaan yang diberikan. Mungkin bagi dirinya, hal ini dianggap menjadi sebuah lelucon semata.
Namun belum tentu bagi orang lain yang melihat tontonan tersebut. Baik dari sisi moral dan etikanya. Terlebih, hal tersebut seolah-olah telah mengusik privasi dari mereka yang tengah bersungguh-sungguh menjalankan ibadah puasa, apakah bisa bertahan atau justru batal meski sejatinya tawaran Rp 10 juta tersebut hanya sebuah lelucon semata.

Puasa memang rentan dengan godaan melalui kejadian di sekeliling kita

Menjalankan ibadah puasa sejatinya tak hanya sekedar melawan rasa lapar dan haus, tapi juga mengontrol seluruh aspek yang ada di dalam tubuh kita. Mulai dari mata, telinga, lisan, perasaan, otak, hati, hingga anggota tubuh yang biasanya rentan tergoda karena masih dikendalikan oleh hawa nafsu.

Tangkapan layar dari video viral hasanjr11 [sumber gambar]
Tanpa aksi menawarkan uang Rp 10 juta di atas, godaan sejatinya tetap ada di mana-mana untuk membatalkan ketaatan kita dalam menjalankan ibadah puasa. Soal konten Youtuber hasanjr11 di atas, mengingatkan kita betapa manusia butuh perjuangan keras untuk menahan godaan yang ada. Termasuk tawaran uang Rp 10 juta yang diberikan secara cuma-cuma.

Alangkah baiknya jika konten yang ada memiliki value positif

Bukan rahasia lagi jika banyak dari Youtuber yang berlomba-lomba menyajikan sebuah konten- entah itu bermanfaat maupun berpotensi bakal panen hujatan dari netizen, demi meraup view sebanyak-banyaknya dan tentu saja, pemasukan dari iklan yang ada alias adsense. Terlebih jika konten yang disajikan menyinggung soal ibadah (puasa) dan seolah terlihat dipermainkan (prank) di sana.

Kelanjutannya pun bisa ditebak. Banyak dari masyarakat yang kemudian marah dan merasa ada yang tidak pas dengan tayangan tersebut. Hal ini kemudian direspon oleh sang pemilik akun yang langsung menghapus unggahan videonya di Youtube dan kemudian meminta maaf kepada publik. Sikap menyadari kekeliruan ini memang patut diapresiasi. Ke depannya, tentu akan lebih bagus jika hasanjr11 yang telah memiliki jutaan subscriber bisa memulai hal baru dengan konten yang menarik namun mengandung manfaat dan edukatif.
Permintaan maaf youtuber hasanjr11 memang patut diapresiasi. Terlebih, dirinya juga berjanji bahwa tindakannya tersebut akan menjadi evaluasi sekaligus pembelajaran bagi dirinya, juga orang lain agar kejadian serupa tidak lagi terulang di masa depan. Gimana menurutmu Sahabat Boombastis?

sumber:boombastis.com
Bagikan ke Facebook

Artikel Terkait